Menjadi Introvert dalam Dunia Extrovert




Jika mendengar kata introvert, orang-orang sering berasumsi bahwa mereka adalah orang yang sombong, tidak suka bersosialisasi atau malah si cupu di pojokan kelas. bahkan parahnya ada yang menganggap bahwa introvert adalah mereka yang ansos, padahal hal tersebut belum tentu demikian. Seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya tentang salah kaprah orang-orang tentang introvert (klik disini) banyak yang masih salah mengartikan kepribadian tersebut. 

Introvert  vs  Extrovert

Introvert mengisi energi mereka waktu sendiri atau “me time” dan energi mereka cenderung terkuras jika berada di tengah keramaian (ex : pesta).Introvert adalah mereka yang lebih terfokus pada kualitas interaksi dibandingkan dengan kuantitas. Mereka lebih menyukai mendiskusikan topik yang dalam pada sebuah kelompok kecil. Ini dikarenakan mereka yang pemikir dan sering terhanyut dalam fikiran mereka sendiri. 

Sebaliknya extrovert mengisi energi mereka ke luar yang membuat  mereka cenderung banyak bicara, mudah bergaul dengan orang baru, cenderung memiliki relasi yang banyak, dan senang berbagi cerita pada orang lain. Mereka biasanya menyukai pesta atau sebuah event yang dihadiri orang banyak karena dengan hal itulah mereka mengisi energinya.



Pada sistem sekolah, lingkungan kerja, dan masyarakat, extrovert seolah lebih unggul dan menjadi pusat perhatian dengan kepribadian mereka yang talkactive, ceria, dan mudah bergaul. terkadang, hal ini membuat introvert kesulitan dengan kepribadiannya yang tidak suka menjadi “center” untuk mengimbangi sistem yang telah ter-design sempurna dengan kepribadian-kepribadian yang ada pada extrovert. Kenyatannya, kita yang introvert bisa untuk berada dan mengimbangi diri di dunia extrovert dengan tetap menjadi diri kita sendiri yang introvert.



Lantas, Apa yang Bisa Kita Lakukan?


1.      It’s good to be you
Beberapa orang yang terjebak di dalam dunia extrovert, ingin merubah diri mereka untuk dapat menjadi seperti extrovert. Kenyataannya, kepribadian tidak dapat dirubah. Terimalah diri mu yang berbeda dari mereka dan cintai diri mu sendiri dengan apa adanya dirimu.

You Good GIF - Yougood Modernfamily - Discover & Share GIFs


2.      Get comfortable at being unconfortable
Sesekali keluarlah dari zona nyamanmu dan berinteraksi dengan orang sekitar. Ini pada dasarnya berarti bahwa jika kamu dapat merasa nyaman dalam situasi yang tidak nyaman, kamu akan siap untuk menangani situasi apa pun yang terjadi dalam hidupmu sendiri.

Are YOU ready to step out of your career comfort zone? – Stepping out… 


3.      Find time to recharge
Mungkin saat di luar kamu terpaksa untuk menghabiskan energi dengan berdisikusi pada forum besar, atau seperti saat berada di sebuah event yang memaksa kamu untuk bercakap-cakap dengan para undangan. Ingat untuk  meluangkan waktu sejenak untuk me-recharge dirimu agar dapat memaksimlkan diri saat berhadapan dengan orang banyak.

Recharged GIFs - Get the best GIF on GIPHY

4.      Learn to smile
Tersenyum membuat kita tampak ramah, dan lebih mudah untuk didekati. Jadi, dengan tersenyum akan membuat orang tidak ragu untuk bersosialisasi dengan kita.


Smile Please GIFs | Tenor


bella

No comments:

Post a Comment