Salahkah Menjadi Introvert?

Gambar terkait




Banyak sekali orang yang salah mengartikan tentang kepribadian "introvert". Bahkan, tidak sedikit orang yang ketika mendengar kata introvert tertuju pada hal-hal negatif yang mereka pikirkan yang sebenarnya belum tentu benar. dari video psych2Go diatas, kita dapat lebih mengerti dan memahami apa dan bagaimana kepribadian introvert itu sebenarnya. Kepribadian tidak sehitam-putih yang kebanyakan orang fikirkan. Kita bisa sepenuhnya A ataupun hanya seperempat A.

Dibawah ini adalah beberapa kesalahan lainnya yang sering disalahartikan..

#introvert itu antisosial (?)

Mungkin orang mengira anti sosial adalah orang orang yang tidak suka bersosialisasi sehingga sering kali introvert disalah artikan sebagai seorang antisosial. Namun, apasih sebenarnya antisosial itu?

Antisosial merupakan sebuah gangguan kepribadian dimana seseorang sering melakukan pelanggaran terhadap hak-hak orang lain, sering melanggar hukum, tidak memiliki empati, mengabaikan norma, dan sering terlibat dalam kriminalitas (Psikopat dan sosiopat adalah 2 tipe dari gangguan ini).

 skizoid mungkin mendekati untuk kasus "menjaga jarak sosial", namun perlu diingat mereka memiliki emosi yang dangkal/tumpul serta tidak memiliki minat pada hubungan sosial.

untuk dapat menetapkan seseorang sebagai antisosial ataupun skizoid tidak semudah itu. seorang ahli lah yang patut untuk mendiagnosa seseorang apakah memiliki gangguan atau tidak. 

yang terpenting, kedua gangguan tadi tidak ada hubungannya dengan introvert. 

seorang introvert memiliki waktu untuk sendiri lebih lama dibandingkan seorang ekstrovert. hal ini dikarenakan pada cara mereka me recharge diri. seorang introvert akan kehabisan energi jika berada lama pada sebuah situasi yang akan menguras energi mereka dengan bersosialisasi. Bukan berarti bahwa mereka tidak memiliki minat untuk bersosialiasi ataupun menutup diri. they love solitude, doesnt mean they dislike peoples. 








# "introvert itu pemalu"

seperti yang telah dituliskan sebelumnya, bahwa introvert itu butuh waktu sendiri untuk recharge diri. mereka prefer untuk berbicara empat mata, atau pada lingkup yang kecil. mereka bisa untuk berada dalam big group namun itu akan cepat menguras energi mereka, socially exhausted. namun kembali lagi pada orangnya. ada orang-orang yang mereka introvert namun menjadi berenergi dengan bertemu dengan orang-orang yang sepemikiran, dan ya, itu dalam small group biasanya. mereka cendrung lebih suka pada deep talk daripada basa-basi dan obrolan tidak jelas. mereka sangat pemilih dalam memilih orang-orang yang ada dalam circle mereka.

anggapan bahwa "introvert = pemalu" belum tentu benar, walaupun memang kecenderungan kepribadian ini adalah orang yang pemalu. namun pada beberapa orang lainnya yang introvert ada yang sering diam bukan karena malu, namun mereka diam karena mereka merasa tidak ada yang perlu untuk dibicarakan. diam adalah pilihan mereka.  



# "kok sendiri aja sih, gak ada temen ya, gabung sama kami aja"

pergi sendiri ke toko buku misalnya, adalah sebuah kebahagiaan sendiri untuk orang introvert. mereka pergi sendiri bukan karena tidak ada temen, tapi karena memang enjoy dengan kesendiriannya. bahkan beberapa introvert nonton bioskop sendiri bukan sebuah masalah baginya, mereka  menikmati itu. seorang introvert mungkin memang tidak begitu suka untuk dekat pada banyak orang yang menurut dia tidak sepemikiran / sefrekuensi dengannya. mereka lebih memilih untuk berada didalam small group yang cenderung akan  bertahan lama.







jadi... apakah  kamu seorang introvert?









bella

No comments:

Post a Comment