opini - menilai orang lain


30/03/18. aku pernah bertemu dengan seseorang yang sangat menyebalkan dimana dia seperti sungguh khatam mengetahui hidup orang lain. maksudku adalah..   aku sering sekali merasa tidak mengerti atau tidak tau mengenai diri sendiri dan orang tersebut sangat sok tau tentang orang lain, agak lucu. itu tidak semudah itu memahami seseorang yang bahkan kamu tidak pernah atau jarang bertemu, berbicara, bahkan tidak pernah bertukar pikiran dengan orang itu. “kemungkinan” atau “prediksi” bisa jadi untuk difikirkan tapi untuk benar-benar tau tentang orang lain, kehidupan orang lain,tidak gampang.

    “aku paham banget dengan dia tuh. Tiap hari ketemu dikelas kerjaannya game aja. Terus cara berpakaian dia juga kayak sok hits banget. Aku yakin dia tuh tukang abisin duit orang tua aja, gimana enggak, liat aja semua yang dipakainya branded padahal gak kaya2 amat kalo diliat dari rumahnya. Udahlah pemalas belajar, tukang abisin duit orang tua aja”

Anggaplah itu sebuah bentuk opini dari temannya si A dikelas. Ya, semua orang memang bebas beropini, perpendapat, ataupun menilai orang lain. BUT, semudah itukah untuk kamu bisa menilai orang? Semudah itukah kamu bisa me “label” orang lain tanpa tau alasan dia sebenarnya? Tanpa mengerti tentang orang itu sendiri?
Untuk kasus diatas,


Pertama, ‘tiap hari ketemu dikelas kerjaannya game aja’ aku gak bilang itu benar untuk main dikelas saat guru ngajar, Cuma si orang ini nge label “pemalas belajar”. Itu yang aku permasalahkan. Okelah, ketika seseorang yang dikelas main game, gak merhatiin guru yang ngajar, bisa dibilang orang itu gak ngehormatin gurunya. Tapi dengan alasan itu kamu bisa me label orang “pemalas”? Salah sih menurut aku. Banyak kemungkinan loh untuk kasus ini. Bisa jadi si A ini udah ngerti materi yang diajarin karena dia belajar dirumah atau belajar dimana aja yang intinya dia gak tertarik buat merhatiin materi itu dikarenakan udah ngerti. Atau dia memang gak berminat dimateri itu karena memang kemampuan di dipelajaran lain. Atau mungkin, oke, dia memang malas belajar pada waktu itu, malas belajar dikelas, bisakah kamu langsung bilang dia seorang “pemalas”?.

Kedua, ‘cara pakaiannya. Branded semua, ngabisin duit orang tua aja’. Apakah kamu benar-benar tau pasti kalo barang-barangnya emang dibelikan orang tua? Bisa jadi si A ini nabung susah payah untuk bisa beli itu barang. Atau dia kerja sambilan diluar. Ataupun, kalo emang dibelikan orang tua terus masalahnya apa? Mungkin aja orang tuanya beliin dia barang itu tanpa dia minta atau mungkin hadiah dari keluarganya atau siapalah.

Ketiga, ‘padahal gak kaya kalo dilihat dari rumahnya’. Bisa aja keluarganya tipe yang hemat kan, gak ingin berlebihan, ataupun kalo emang gak kaya nih, jadi gak bisa nabung gitu untuk beli sesuatu yang dia suka?

Terakhir, ‘aku paham banget dengan dia’. Well, sangat meragukan ketika seseorang begitu paham tentang orang lain, bahkan kalimat setelahnya adalah hal-hal yang negatif yang hanya dia lihat dari sebelah sisi, tanpa paham mengapa A begitu.

Lanjut, selain sok tau tentang yang kayak diatas, ada juga yang sok tau tentang keimanan seseorang. Ini yang paling parah. Yang pakaiannya belum syar’i atau belum berjilbab sering dibilang keimanannya lemah. Aku gak membenarkan orang yang gak pake jilbab. Yang jelas hijab itu kewajiban dan belum tentu orang yang pake hijab udah bagus keimanannya. Hijab bukan pertanda keimanan seseorang udah diatas yang belom pake hijab, hijab cuma pertanda identitas muslimah itu sendiri. Kalo dosa urusan yang diatas, kita gatau kan mungkin di sepertiga malamnya orang yang kamu bilang belum kuat imannya ini dia nangis-nangis atas dosanya, kita gatau hal kebaikan apa yang dia lakukan dengan orang lain karna hal privasi dia yang gak mau dia umbar.


Semua orang memang bebas berpendapat, atau menilai orang lain. Tapi, bisa gak sih untuk lebih mengerti dan memahami orang itu gak dari satu sisi aja, manusia itu mahkluk tuhan yang paling susah dimengerti. Kalo gampang mah mana ada jurusan psikologi.


Hasil gambar untuk labeling people




bella